Tips Aman Menggunakan Sosial Media Agar Tidak di Salahgunakan



 Tips Aman Menggunakan Sosial Media Agar Tidak di Salahgunakan

Selamat malam sobat semua ,pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips aman menggunakan sosial media . Dewasa ini semakin banyak bermunculan sosial media yang semakin memudahkan manusia untuk berinteraksi secara tidak langsung. Mulai dari facebook, gmail , whatshaap, bbm,instagram dan lain nya .Semakin hari semakin meningkat penggunanya .Tak heran bila dengan adanya fenomena ini ada beberapa oknum yang memanfaatkan momentum ini untuk tindakaan kejahatan . Tanpa panjang lebar mari kita ulas bersama sama tema kita pada malam hari ini .
11.      Gunakanlah password yang unik serta kuat dalam artian susah di tebak . Sobat jangan menggunakan password dengan tanggal lahir ,bulan dan tahun lahir sobat .Karena kemungkinan besar sangat mudah untuk di hack orang lain yang ingin memanfaatkan untuk tindak kejahatan . Buatlah password yang berbeda dari setiap akun yang sobat buat ,salah satu tujuannya adalah bila terpaksa ada yang ke hack sobat masih bisa menggunakan akun lain . Usahakan sobat dalam membuat akun serta passwordnya ,di buat sendiri tanpa meminta bantuan orang lain . Kalaupun minta tolong kepada orang lain mintalah tolong pada orang yang benar benar anda percaya .Jangan minta tolong pada orang yang baru anda kenal ,semisal operator di kounter ataupun di warnet .Pengalaman pribadi selama kerja di warnet ada seorang ibu2 yang mengadu ke saya untuk mengahapus akun salah satu sosial medianya ,namun setelah mau saya coba ,ternyata akun tersebut sudah bukan di bawah kendalinya dalam artian password nya telah di ubah .Sehingga si ibu ibu tadi tidak bisa login sama sekali dan yang lebih parah si tukang hack ini ternyata berniat memeras uang si ibu nya ,dengan menyebarkan foto2 tak senonoh .Jika tidak menuruti permintaannya dia akan selalu melancarkan aksi bejatnya . Setelah saya telusuri dan introgasi ternyata si ibu ini akun sosial medianya di buatin oleh tukang counter yang baru di kenalnya .Pernah di samperin di tempat kerjanya ternyata sudah tidak bekerja di sana lagi .Jangan sampai hal ini menimpa sobat semua .
22.      Usahakan cek URL dengan teliti sebelum sobat login . semisal sobat login di URL www.google.com, pastiakan URL tersebut benar benar ,biasanya ada oknum yang memanfaatkan dengan membuat URL palsu semisal www.googlee.com , sekilas seperti sama bukan ,namun jika sobat telitii di sana terdapat imbuhan e , Aksi kejahatan phishing seperti ini biasanya akan membujuk korban untuk memberikan username dan password, setelah itu phisher (pelaku phishing) mengirimkan spam ke semua pengikut (follower) account media sosial kamu. Seringkali phisher mencoba menipu korban dengan memberikan link yang mengarahkan korban ke halaman login palsu.Jika sudah begitu si phiser bisa dengan mudahnya mengendalikan akun itu untuk kepentingan pemerasan ,pencurian data dan lain lain .
33.      Manfaatkan fitur pelindung privasi .Hampir di setiap sosial media sudah di lengakapi dengan fitur ini ,namun terkadang kitanya yang kurang teliti dan kurang mempedulikannya . Manfaat fitur ini sangat penting salah satunya bisa untuk mensetting ,membatasi lingkup orang yang bisa melihat profil ataupun postingan kita dengan begitu orang kemungkinan orang luar yang ingin bertindak kejahatan kepada kita semakin kecil.
44.      Pastikan selalu mengupdate browser  dan men sign out akun kamu
Bila sobat menggunakan komputer sekolah , universitas , perpustakaan jangan lupa sobat memastikan kondisi akun mu sudah sign out .Jangan pernah mensetting password dan email yang tersimpan walaupun itu komputer atau laptop punya sendiri kalau laptop sobat masih sesekali di pinjamkan ke teman ataupun ke orang lain .

Comments