Cara Mendaftar Google Analytics Universal dan Cara Memasangnya Dalam Blog Sebuah Panduan Lengkap

Cara Mendaftar Google Analytics Universal dan Cara Memasangnya Dalam Blog Sebuah Panduan Lengkap 

Menurut wikipedi Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.Tentunya google analytics ini adalah tool yang paling akurat untuk mengetahui terkait laporang visitor blog kita, walaupun ada tool lain gratis dari internet seperti histats dan lainnya .Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara mendaftar google analytics dan memasangnya dalam blog anda untuk mengetahui trafik blog anda. 
Pertama - tama silahkan sobat kunjungi Google Analytics
Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini sobat klik saja seperti yang saya kotak merah .
Setelah berada di google analytics sobat masuk kemudian buat akaun analytics yang baru .
Setelah muncul seperti tampialn di atas sobat klik saja menu ADMIN,
Kemudian buat properti baru , biasanya akun google analytics jika sudah terbuat yang sebelumnya berada di atas dan perintah baru berada di bawah seperti gambat tampilan di atas.
Pastikan sobat memilih situs web seperti di atas, isikan nama situs sobat kemudian alamat blog /website sobat seperti tampilan di atas.
kemudian lanjut ke tahap selanjutnya
Pilih juga kategori industri atau tema dari situs/blog sobat masing - masing. ,serta zona waktu pelaporan sesuai negara sobat.
jika sudah klik dapatkan ID Pelacakan dan tunggu beberapa saaat saja .
Jika benar maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini
Setelah sobat mendapatkan kode ID pelacakan seperti di atas , sobat tinggal memasang kodenya di blog sobat ,cara nya somasuk akun blog sobat masing - masing setelah masuk menu di blogger sobat kemudian scrooll ke bawah pada menu setelan kemudian menu Lainnya
Kemudian copykan ID tadi secara manual di menu berikut ini
Kemudin scriptnya sobat pastekan di menu HTML ,alurnya yakni Menu Template - Edit HTML - kemudian sobat cari kode
<body>    
biar lebih mudah sobat bisa dengan mengklik CTRL+F kemudian letakkan script tadi setelah <body>   .

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat, apabila ada yang kurang jelas bisa sobat tanyakan melalui kolom komentar,terima kasih .



Comments