Begini Persyaratan Waralaba Alfamart dan Tipe Kerjasamanya

Image Credit : waralaba.alfamartku.com
Begini Persyaratan Waralaba Alfamart dan Tipe Kerjasamanya 

Perkembangan bisnis di Indonesia kita ketahui semakin berkebnag dengan pesat meliputi berbagai bidangnya.Apakah anda tak ingin menjadi seorang pelaku bisnis ? Apakah anda bingung memulainya ? Gak masalah karena sekarang di Indonesia telah banyak menjamur bisnis waralaba / Franchise. Franchise atau waralaba menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba[4] (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.Namun di balik itu semua tentunya ada angin segar apaabila kita menjalin kerjasama dengan franchisor , banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dan setidaknya bisa meminimlalisir karena untuk bekerjasama dengan franchisor ini harus memenuhi kebijakan tertentu.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan informasi bagiamana teknis dan persyaratan apabila kita ingin berwaralaba dengan salah satu bisnis retail yang sangat populer di Indonesia.Alfamart ,yup alfamart adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya. Lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.
Dengan trademark Alfa, yang kini sahamnya dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya. Saat ini Alfamart sudah memiliki lebih dari 1000 gerai di Indonesia.( Wikipedia).
Image Credit : www.hemat.id


Tipe Kerjasama
Tipe kerjasama waralaba yang ditawarkan oleh Alfamart ada 3 macam, yang pertama adalah skema gerai baru dimana Franchisee mengajukan usulan lokasi untuk pembukaan gerai baru. Skema kedua adalah skema gerai baru – konversi dimana Franchisee mengajukan usulan lokasi yang masih berupa toko kelontong/ minimarket untuk di kembangkan menjadi gerai Alfamart. Sedangkan skema ketiga adalah skema gerai take over, dimana Franchiseemengambil alih kepemilikan geraimilik Alfamart yang sudah berjalan.
GERAI BARU

Image Credit : waralaba.alfamartku.com
Franchisee dapat memilih tipe gerainya sesuai dengan luasan lahan yang dimiliki. Ada beberapa tipe yang ditawarkan, yaitu tipe 36 rak dan 45 rak.

Berikut ini perkiraan investasi untuk gerai Alfamart dengan area penjualan seluas 80 m2 hingga 100 m2.
Image Credit : waralaba.alfamartku.com

* Nilai investasi di luar property dan dapat  berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai
Investasi awal tersebut mencakup:

  1. Franchise fee45 juta untuk 5 tahun
  2. Instalasi kelistrikan
  3. Peralatan geraidan air conditioner
  4. Sistem informasi ritel
  5. Shop sign dan sign pole
  6. Perijinan gerai
  7. Promosi dan persiapan pembukaan gerai


GERAI TAKE OVER
Alfamart juga menawarkan “Paket ambil alih” (Take Over), dimana calon Franchiseedapat mengambil alih gerai milik Alfamartyang telah beroperasi dengan baik. Biaya investasi sudah termasuk biaya sewa bangunan untuk 5 tahun,Franchise fee 45 juta untuk 5 tahun, peralatan gerai dan goodwill.


GERAI KONVERSI
Program Konversi menawarkan kerjasama waralaba kepada pemilik toko minimarket lokal/ kelontong/  yang ingin mengembangkan usahanya.
Image Credit : waralaba.alfamartku.com

Alfamart memberikan 2 (dua) kemudahan bagi para pemilik yang mengikuti program ini yaitu:
  • Pengakuan barang dagangan milik toko minimarket lokal/ kelontong sebagai barang dagangan untuk stock pembukaan gerai waralaba Alfamart.
  • Rak milik toko minimarket lokal/ kelontong/ dapat digunakan dan diakui sebagai pengurang biaya investasi (*kriteria rak harus sesuai dengan standar rak gerai Alfamart).
     Gimana sobat tertarik dengan salah satu bisnis retail yang telah teruji ini ,atau anda mau merintis dari nol bisnis retail yang kemudian anda sendiri ke depannya yang ingin menjadi raja franchisornya? Pilihan ada di tangan anda .Sukses untuk anda:
      Berikut ini adalah perbandingan antara bisnis waralaba retail dengan usahsa sendiri yang saya kutip langsung dari website alfamart.
     
    KRITERIA WARALABA USAHA SENDIRI
    MEREK DAGANG MEREK SUDAH DIKENAL MEMBUTUHKAN WAKTU UNTUK MENGENALKAN MEREK
    PRODUK PRODUK SUDAH DIKENAL BUTUH WAKTU UNUTK MEMBANGUN REPUTASI PRODUK
    LOKASI MENDAPAT BANTUAN DARI FRANCHISOR DALAM MEMILIH LOKASI YANG BAGUS BEBAS MEMILIH LOKASI
    TRAINING MENDAPAT TRAINING CARA MENJALANKAN BISNIS FRANCHISE TIDAK MENDAPATKAN TRAINING
    BISNIS TERUJI MENDAPAT METODE BISNIS YANG TELAH TERBUKTI METODE BISNIS TERGANTUNG IDE ANDA, DAN BELUM TERUJI
    PROMOSI BERSAMA MELAKUKAN PROMOSI BERSAMA TIDAK ADA PROMOSI BERSAMA
    SUMBER FRANCHISOR YANG MENENTUKAN SUPPLIER BEBAS MENCARI DAN MENEMUKAN SUPPLIER
    KEPEMILIKAN TERIKAT PERJANJIAN DENGAN FRANCHISOR BEBAS MENJUAL, MENUTUP ATAU APAPUN
    Sumber : waralaba.alfamartku.com

Comments